Selasa, 25 Oktober 2011

JIKA AKU MENJADI ENTREPRENEUR

Enterpreneur atau yang lebih dikenal sebagai wirausahaan merupakan orang yang berjiwa berani mengambil resiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan Berjiwa berani mengambil resiko artinya bermental mandiri dan berani memulai usaha, tanpa diliputi rasa takut atau cemas sekalipun dalam kondisi tidak pasti. Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa orang yang yang membuka usaha dengan mengambil berbagai macam resiko yang akan diterimanya.

Pengertian mengenai wirausahaan membuat saya berfikir sejenak, menjadi usahawan dengan membuka usaha yang ditanggung sendiri harus dipikir baik-baik dalam menjalankannya. Usaha yang ingin saya geluti yaitu usaha yang mengenai perikanan, alasannya bahwa saya senang bersusah-susah dulu baru kemudian menuai hasil yang ditanam merupakan kepuasan yang tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. Usaha perikanan yang sudah lama ingin saya lakukan adalah tambak mujair nila. Mujair nila merupakan jenis mujair yang lebih tahan berbagai kondisi air dan memiliki ukuran lebih besar dari mujair biasa. Penerapan awalnya melakukan survey mengenai tempat tambak yang cocok bias di dalam danau, sungai, atau dibuatkan kolam ikan. Setelah itu melakukan survei pasar untuk menentukan besar biaya yang dikeluarkan untuk memulai usaha ini sehingga modal dapat tercukupi, lalu mulailah memulai usahanya dengan membeli bibitnya diletakkan di tambak.

Usia pertambakkan mujair nila kisaran 3-4 bulan lebih cepat bila ditambak di aliran yang mengalir. Setelah menunggu 3-4 bulan barulah mujair nila dipanen yang dijual bias langsung kepasar bias juga ke pengepul atau tengkulak. Usaha yang saya lakukan memiliki banyak resiko yang akan terjadi dalam menjalankan usaha pertambakkan misalnya pengeluaran lebih besar, banyak bibit mujair nila yang mati, dan susahnya mencari pelanggan untuk membeli mujair nila dari usaha saya. Kesimpulan yang ingin saya sampaikan adalah semua usaha pasti didasarkan pada sebab-akibat, sebabnya adalah membuat sebuah usaha misalnya membuat tambak mujair nila dan akibatnya adalah bisa keuntungan yang didapat dan bisa juga kerugian yang diterima.

1 komentar:

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

    BalasHapus